Universitas Jambi Memenangkan National Debate Competition ( NDC ) Se-Sumatera

MENDALO- Hari ke tiga National Debate Competition (NDC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Universitas Jambi  memasuki babak semi final. Delegasi Mahasiswa terbaik dari berbagai universitas yang lolos kebabak semi final yaitu universitas UIN Sultan Syarif Qasim Riau, Universitas Andalas dan 2 Tim Universitas jambi. Sebelumnya mereka berhasil memenangkan Universitas Sumatra Utara, UIN Raden Intan Lampung, STAI Ahsanta Jambi dan salah satu Tim Universitas jambi.

Pada semifinal ini babak pertama mempertemukan Universitas Jambi Tim 1 dan UIN Sultan Syarif Qasim Riau, Tim 1 Unja sebagai tim kontra dan UIN Susqa riau sebagai tim pro. Dan sungguh luar biasa babak pertama di menangkan oleh Tim 1 Unja yang berada di posisi kontra dengan jumlah nilai 785, selanjutanya babak kedua mempertemukan Tim ke-2 Unja dengan Universitas Andalas. Yang mana Unand sebagai tim kontra dan Tim ke-2 Unja sebgai tim pro. Babak kedua di menangkan oleh Universitas Andalas dengan nilai 725.

Kemudian tibalah dibabak perebutan peringkat tiga. Disesi ini Tim ke-2 Univeritas Jambi dipertemukan dengan UIN Susqa Riau. Mosi perdebatan kali ini  tentang ”Quick Count sebagai patokan hasil pemilu di Indonesia”.  Tim ke-2 Universitas Jambi sebagai tim pro dan UIN Sasqa Riau senagai tim kontra. Peringkat ketiga di menangkan oleh UIN Sasqa Riau dengan jumlah nilai 658 kedua tim ini bersaing ketat dan perolehan nilai hanya selisih satu angka.

Dibabak final kemudian mempertemukan Universitas Andalas dan Tim ke 2 Univeritas Jambi, Kedua tim ini merupakan Tim terbaik diajang debat se Sumatra yang diselenggarakan oleh FISIPOL Unja. Sungguh luar biasa babak Final ini dimenangkan oleh Universitas Jambi  sebagai peringkat pertama yang otomatis Universitas Andalas sebagai peringkat kedua. dengan persaingan yang sungguh luar biasa ketat karena kedua tim sangat mengagumkan.  Dengan demikian National Debate Competition (NDC) ini berakhir dengan sangat kompetitif dan semangat yang luar biasa dari pada kontestan.

AYU WAHYUNI ( RISPEN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *